Berpenghasilan dari Internet. Mungkinkah?

Saat ini internet telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan manusia. Mencari tahu tentang berita dan semacamnya (browsing), bermain game, dan ber-sosial media merupakan hal-hal yang hampir setiap hari dilakukan oleh setiap orang yang melek internet dan memiliki gadget.

Akan tetapi, masih banyak dari para pengguna internet yang tidak tahu bahwa mereka bisa mendapatkan penghasilan dari internet. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan oleh anda jika ingin memiliki pendapatan dari internet.

1. Dagang Online
Dulu orang harus membuka toko, lapak dan semacamnya jika ingin berjualan. Hal itu membutuhkan modal yang tentu saja tidak sedikit. Namun, dengan keberadaan internet, sekarang anda bisa menjadi pedagang, dan menjual barang dagangan anda dengan mudah dan murah. Ada banyak websites yang menawarkan kepada anda kesempatan untuk menjual barang dagangan anda di situs mereka. Sebut saja Lazada, Bukalapak, Tokopedia, Shopee, dan OLX. 

2. Youtube Video
Baru-baru ini, sebuah riset menyatakan bahwa saat ini masyarakat lebih banyak menonton video di Youtube daripada browsing di situs-situs pencarian. Lebih jauh, google menyatakan bahwa 53 persen dari pengguna internet di Indonesia mnonton video di Youtube. Hal tersebut hampir menyamai jumlah netizen yang menonton televisi. Sebagaimana diketahui, diperkirakan lebih dari 150 juta orang Indonesia menggunakan internet.

Hal ini merupakan peluang besar bagi anda yang memiliki hobby dan ketertarikan pada pembuatan video, editing video dan semacamnya. Kini anda bisa mengupload video-video konten tentang hal-hal yang anda sukai, atau tentang perjalanan anda, atau bahkan tentang hal-hal yang anda lakukan sehari-hari. Youtube nantinya akan memasang iklan pada video anda, dan anda akan mendapatkan bagi hasil dari iklan yang ditayangkan pada channel video anda setiap 1000 views. Semakin banyak orang yang suka dan menonton video anda, maka akan semakin banyak uang yang dapat ana hasilkan dari internet.

3. Online Survey
Cara lain untuk menghasilkan uang dari internet ialah dengan mengisi survei online. Perusahaan riset selalu merekrut anggota baru di seluruh dunia untuk menjawab survei dan menguji produk baru. Saat ini, internet dianggap merupakan alat yang paling efisien dan cukup efektif untuk mengumpulkan data terkait riset.

Anda hanya perlu meluangkan beberapa menit untuk mengisi form survey yang sudah disediakan, dan anda akan dibayar baik dengan uang tunai atau hadiah. Bahkan, untuk beberapa survei, anda bisa mendapatkan sampai 5 USD hanya untuk menyelesaikan pengisian 1 form survei. Menarik bukan?!

Ada banyak website yang memberikan kesempatan kepada anda untuk berpartisipasi di dalam survei mereka seperti: LifePoints, InboxPounds, Onepoll, i-Say, Pos Opini, Panel Opini, YouGov, SurveyBods, Prolific, Valued Opinions, Survey Junkie, dan lain-lain.

4. Affiliate Marketing
Jika anda cukup aktif di media sosial atau mungkin anda memiliki blog atau situs web, anda dapat mulai mendatangkan uang dengan mempromosikan semua jenis perusahaan, produk, layanan, dan penawaran online. Apakah anda pernah mendengar istilah CPC atau CPA?

CPC adalah singkatan dari Cost per-Click (biaya per klik), yaitu tarif yang dikenakan oleh situs web kepada pengiklan setiap kali seseorang mengklik iklan. Jika CPC untuk situs adalah $50, dan iklan tersebut di-klik sebanyak 1000 kali selama sebulan, maka pengiklan diharuskan membayar sebesar $50.000,- kepada situs di mana iklan tersebut terpasang.

Google terkenal dengan strategi penjualan iklan CPC-nya. Google hanya membebankan biaya kepada pengiklan jika Anda benar-benar mengklik iklan. Jika tidak ada yang mengklik, Google tidak akan membayar kepada anda.

Selain itu anda yang namanya CPA. CPA merupakan singkatan dari Cost per-Action (biaya per-tindakan). CPA juga dikenal dengan bayar per-kinerja atau biaya per-akuisisi. Ketika perusahaan media membebankan biaya kepada pengiklan menggunakan model CPA, pengiklan hanya membayar jika pengguna MENGKLIK dan MELAKUKAN TINDAKAN tertentu.

5. Online Market Trading
Sebenarnya ini bukanlah cara yang mudah untuk menghasilkan uang dari internet. Akan tetapi, jika dilakukan dengan cara yang benar dan penuh kehati-hatian, bermain valas dapat sangat menguntungkan. Ada banyak situs yang memberikan kesempatan kepada anda untuk belajar dan berinvestasi di online market trading.

Selain mata uang yang berlaku di negara-negara dunia, sekarang anda juga bisa untuk jual-beli Cryptocurency. Pernah dengar istilah bitcoin? Bitcoin merupakan salah satu mata uang digital yang cukup banyak digunakan dan diperjual-belikan. Cryptocurency menggunakan sistem kriptografi untuk memverifikasi dan mengamankan setiap transaksi, serta untuk mengontrol pembuatan (pencetakan) unit-unit token baru dari suatu mata uang digital.

Comments